Peluang Usaha Bermodalkan Perlengkapan Bayi

Peluang Usaha Bermodalkan Perlengkapan Bayi – Jika mampir ke toko Grosir Perlengkapan Bayi, bukan hanya kebutuhan si kecil yang tersedia. Kebutuhan si ibu juga terpajang dengan berbagai pilihan. Seperti produk yang memudahkan ibu hamil untuk menyusui bayi.

peluang usaha bermodalkan perlengkapan bayi

Dari situlah Heni Febrianti melihat peluang untuk mengembangkan bisnis penjualan perlengkapan air susu ibu (ASI) secara online dengan nama Gerai Asi Ananda di Jalan Suwignyo, Pontianak Kota.

Heni tidak sendiri ketika merintis usaha ini. Usaha yang sudah dibangunnya selama dua tahun terakhir itu juga melibatkan suaminya, Muhammad Asroruddin. Disela kesibukannya sebagai PNS di Universitas Tanjungpura, pria berusia 35 tahun itu menjadi marketing handal dalam memasarkan produk Gerai Asi Ananda.

Namun tetap membutuhkan waktu enam bulan agar masyarakat benar-benar mengenalkan produk ini. Maklum tidak semuanya familiar terhadap produk ini. Padahal, ibu menyusui membutuhkan dukungan agar tetap konsisten memberikan ASI. Terutama ibu bekerja atau yang aktif. Kegiatan di luar ruang seharusnya tidak menjadi kendala bagi ibu untuk menyusui bayinya.

Gerai Asi Ananda fokus menjual berbagai macam perlengkapan ibu menyusui. Seperti pompa, tas pendingin, botol media penyimpan ASI dan perlengkapan penting lainnya. Dalam bisnis ini, Heni berstatuskan reseller. Produk yang dijualnya itu diambil dari agen di Jakarta dan Bandung.

Menurutnya, konsumen Gerai Asi Ananda tersebar di 14 kabupaten/kota, Kalimantan Barat. Karena berada di ibukota provinsi Kalbar, maka pembelian barang dari daerah dilakukan secara online.

Selama dua tahun menjalani bisnis ini, Heni mengaku kendala yang dialami masih bisa diatasi dengan baik. Dia tidak khawatir akan kekurangan stock sebab banyak supplier botol kaca dan ASI booster yang tersebar dimana-mana serta bisa diajak bekerja sama.

Begitu juga dengan pemasaran. Agar lebih luas market sharenye pemasaran yang dilakukan tidak hanya secara offline tapi juga online. Untuk pemasaran secara offline, ibu dua anak ini mengikuti Gerai Asi Ananda dalam berbagai event.

Biasanya dalam penyelenggaran event Gerai Asi Ananda bekerjasama dengan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Kalimantan Barat. Biasanya setelah event, penjualan produk Gerai Asi Ananda meningkat dibandingkan hari biasanya.

Sedangkan pemasaran secara online dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Dia membuat fanspage Gerai Asi Ananda. Dari sini, konsumen bisa mendapatkan informasi mengenai produk yang jual. Begitu juga dengan tips serta informasi lainnya yang berkaitan dengan Bayi dan ASI.

Justru menurut Heni kendala yang dirasakannya dari sisi permodalan. Sebab, dia berkeinginan usaha yang dibangunnya bisa lebih besar lagi. Di awal usaha Heni memang mendapat dukungan permodalan dari perbankan. Namun sekarang dia lebih memilih menabung sebagian keuntungannya untuk dijadikan permodalan.